09 Agustus 2011

Sekilas seputar Rubik



Rubik's Cube adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.
Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei, 1980. Rubik's tercatat sebagain mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik's termasuk imitasinya.


Sebelum Ditemukan

Pada bulan Maret 1970, Larry Nichols menciptakan 2 × 2 × 2 Puzzle dengan Bagian yang dapat diputar dan mengajukan permohonan paten di Kanada untuk itu. Kubus itu disatukan dengan magnet. Nichols diberikan mendapatkan hak patennya pada tanggal 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik menemukan kubusnya.
Pada tanggal 9 April 1970, Frank Fox menerapkan untuk patennya "Spherical 3 × 3 × 3". Dia menerima patennya di Inggris pada tanggal 16 Januari 1974.

Penemuan Rubik

Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D , tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural yang bergerak pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai pertama kali dia bergegas Cube baru dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya. [12] Rubik memperoleh patennya di Hungaria untuk "Magic Cube"-nya pada tahun 1975.
Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Magic Cube disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols's. Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan "Ideal Toys" untuk membawa Magic Cube ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan di London, Paris, Nuremberg, dan New York.


Fakta Ajaib seputar Rubik

1.Rubik ditemukan pada 1974 oleh Erno rubik dan mulai dipasarkan secara bebas mulai tahun 1980.

2.Hanya 1 tahun setelah diluncurkan, sudah ada orang Indonesia yang mampu menyelesaikannya kurang dari 35 detik. Dia adalah seorang kaskuser legendaris di CYSTG, pbintoro.

3.Rekor dunia resmi untuk rubik 3x3x3 pada tahun 2003 adalah 22,95 detik. Dipecahkan oleh Minh Thai dari Amerika Serikat.

4.Dalam kurun waktu 1980 hingga 1982 (2 tahun) penjualan mainan ini telah mencapai 100 juta buah.

5.Satu dari lima orang dewasa (di Amerika dan eropa) pernah mencoba memainkan permainan ini.

6.Diantara 100 orang yang pernah memainkan ini, rata rata hanya ada 3 orang diantaranya yang mampu menyelesaikannya.

7.Ada 43,252,003,274,489,856,000 kemungkinan kombinasi yang mampu disusun dari kubus kecil ini.

8.Meskipun ada 43,252,003,274,489,856,000 kombinasi yang mampu dibuat oleh sebuah rubik sebenarnya tidak ada satupun kombinasi yang tidak dapat diselesaikan lebih dari 20 langkah (dengan perhitungan rumit computer).
9.Erno Rubik, penemu permainan ini pada awalnya membutuhkan waktu 1 bulan untuk mampu memecahkan mainan buatannya sendiri. Bahkan dia sempat berpendapat bahwa mainan ini tidak mungkin diselesaikan.

10.Pemegang rekor resmi WCA (World Cube Asociation) hingga saat ini untuk rubik 3x3x3 (single) adalah Erik Akkersdijk dari belanda dengan waktu 7,08 detik pada kejuaraan ceko open 2008.

11.Pemegang rekor resmi WCA (World Cube Asociation2008 untuk rubik 3x3x3 dengan mata tertutup adalah Rafal Guzewicz dari polandia dengan waktu 54,22 detik pada kejuaraan Polandia Open 2008.

12.Pemegang rekor resmi WCA (World Cube Asociation2008 untuk rubik 3x3x3 dengan satu tangan adalah Yu Nakajima dari jepang dengan waktu 14.56 detik pada kejuaraan Tokyo open 2008.


13.Metode yang paling banyak digunakan untuk menyelesaikan rubik adalah layer by layer, Jessica friddich, dan Lars Petrus

14.Juara Kejuaraan Speedcubing Tyson Mao , Toby Mao dan penemu metode Lars Petrus pernah disewa untuk mengajari Will Smith menyelesaikan permainan ini agar dia mampu bermain dalam film Pursuit of happiness.

15. Jika seseorang mencoba secara acak untuk menyelesaikan permainan ini, maka waktu yang diperlukan akan melebihi umurnya sendiri.

16. Sejak tahun 2003 kompetisi tahunan resmi diadakan di Hungaria untuk mencari siapa pemain rubik tercepat.

17. Rubik telah menjadi bagian dari icon fashion modern, desain dari segala pernak pernik, dan diakui secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo pesan sekarang juga, Stock Terbatas.....Ayo pesan sekarang juga, Stock Terbatas.....